Pages

Kamis, 10 Januari 2013

nostalgia dari Sekaten

ke Sekaten semalem bagaikan kembali ke masa lalu, masa kecil
masa dimana tiap malem minggu selalu diputer-puterin sama ortu keliling kota
masa dimana tiap minggu pagi selalu diajakin ngeliat dunia diluar sana
ngeliat sesuatu yang baru, belajar dari setiap hal yang kita temui

ketemu banyak hal ajaib semalem, ini nih..

1. Bianglala, mainan yang kurindukan


     walaupun semalem emang ga sempet naik bianglala. sedikit bernostalgia dengan melihatnya. ada banyak cerita tentang bianglala.

     dulu ketika masih kecil, ke sekaten jogja bareng keluarga sepupu. saat yang lain minta makanan dan jajanan, aku bandel minta naik bianglala. bianglala itu tinggi, gak ramah buat anak-anak seusiaku waktu itu, begitu kiranya tanggapan saudaraku. tapi aku memaksa dan akhirnya naik bianglala juga, sama almarhumah sepupuku yang waktu itu udah punya anak 4tahun lebih muda dari aku. sodara-sodara yang lain cukup ngeliat dari bawah

     semenjak itu tiap ke THR selalu minta naik bianglala. cuma ibu yang mau nemenin naik. kalo udah di puncak, bisa liat apa aja ttermasuk lapangan bola yang selama ini cuma kuliat di TV-TV.

     aku selalu suka naik bianglala, aku bisa ngeliat apa aja di ataasnya, dan melawan rasa takut saat ia berputar ke arah mana saja.


2. kapal-kapalan

     gak mikir bakalan dibeliin ginian. padahal aku udah kelas 3 SMA, kemaren pas beli diliatin anak kecil, ga malu sih, tapi rada gengsi -apa bedanya. yang kecil harganya 6rb, yang gede 12rb. biar bisa jalan, bagian belakang kapal dikasih potongan seng yang ada kapasnya, dikasih minyak trus dinyalain pake api. sebelum jalan dikasih air dulu di bawahnya, lewat bolongan kecil di belakang kapal -yang aku liat kemaren gitu, tapi gatau biar apa. trus taro tu kapal di ember, jalan deh.

     terakhir beli mainan itu adalah 10tahun yang lalu, waktu wisuda kakak sepupu di UNS. dibeliin sama temennya kakakku, trus ilang.

     ga rugi juga beli ginian. ngeliat kapal itu bergerak, senyum ikut tergerak. barang langka yang cuma ada di indonesia. bahagia ga selalu dengan kemewahan, ato hal-hal yang menarik. bahagia itu simpel.


3. wedang ronde

     gambarnya monggo search di google. wedang ronde itu isinya bulet2 isinya kacang ijo sama kacang sama itutuh merah-merah, lupa namanya apa -__- trus dikasih kuah air jaheyang mungkin dikasih gula jawa. kalo salah maap yaa hehe ini ngawur soalnya

     dulu tiap malem pasti bapak beli wedang ronde. tapi sekarang entah kemana si penjual ronde berada. danm semalem sebelum ke sekaten ngeliat wedang ronde di depan sma4, pengen makan tapi masa iya sendirian. sampe di sekaten ternyata makan wedang ronde juga.

2 komentar: